Jasa rental selalu menekankan pelayanan untuk mendapatkan
pelanggan sebanyak-banyaknya. Agar pelayanannya dapat dilakukan dengan
maksimal, maka pemilik rental mobil harus mempunyai SOP atau Standar Operasional Prosedur dalam melayani
calon pelanggan. SOP pelayanan terhadap pelanggan ini sangat penting tidak
hanya untuk driver atau sopir saja, tetapi juga diberlakukan terhadap pegawai
lain, yaitu pegawai kebersihan, perawatan dan customer service.
Kewajiban customer service jasa rental mobil berdasarkan SOP
agar bisa bekerja secara efektif adalah sebagai berikut :
- Menerima semua telepon yang masuk dengan ramah dan membalas semua pesan baik melalui social media maupun handphone. Apabila ada seseorang yang menelepon secara langsung customer service untuk menanyakan tentang jasa yang ditawarkan, maka hampir dipastikan orang tersebut adalah calon customer potensial. Pastikan customer service anda adalah orang yang ramah dan mudah diajak berkomunikasi alias tidak jutek.
- Catat setiap nomer telepon yang masuk dan tanyakan dengan detail keperluannya. Apabila memungkinkan, catat pula nama orangnya dan alamat atau asalnya (perusahaan, personal dan lain sebagainya) dengan alasan apabila sewaktu-waktu ada penawaran menarik atau mungkin ada kendaraan yang siap, bisa langsung dihubungi secepatnya. Membangun daftar calon customer sangat penting untuk promosi bila sewaktu-waktu dibutuhkan, baik melalui social media (facebook, twitter, G+)maupun handphone (SMS, BBM, Whatsapp dan lain sebagainya)
- Aktif melakukan pemasaran melalui handphone dan media social internet. Di waktu senggang, kadangkala customer service tidak mempunyai kegiatan selain browsing dan melakukan aktivitas lain yang tidak mendukung pengembangan usaha jasa rental mobil anda. Waktu luang tersebut bisa diisi dengan kegiatan marketing berdasarkan daftar orang (list) yang telah dimiliki tersebut. Aktivitas ini seringkali diabaikan padahal sangat efektif untuk mendapatkan customer maupun calon customer baru.
- Melakukan promosi terhadap instansi maupun hotel secara langsung untuk dapat menjalin kerjasama dengan pihak lain yang potensial sebagai calon customer.
- Mengirimkan sms terhadap pelanggan yang telah menggunakan jasa rental untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tersebut.
- Mencatat semua transaksi harian yang telah dilakukan, dan memberikan laporan kegiatan harian customer service itu sendiri (menerima telepon, melakukan promosi, memasukkan transaksi harian) disertai dengan bukti kegiatannya.
- Berikan bonus terhadap customer service yang berhasil mendapatkan calon customer maupun pelanggan berdasarkan kinerjanya.
ARTIKEL TERKAIT: